7 Makanan Tradisional Khas Bali yang Terkenal

Tempatnongkrongasik.comMakanan Tradisional Khas Bali – Berbicara mengenai satu tempat yang bernama Bali, memang tiada akhirnya. Baik dari segi destinasi wisatanya, tempat nongkrongnya, bahkan wisata kulinernya. Bali memang tergolong sebagai pulau pariwisata yang juga menyumbang devisa negara dengan wisatawan asing yang sangat banyak untuk berlibur ke Bali. Nah untuk anda yang saat ini kebetulan berlibur ke Bali, maka ada beberapa hal yang tidak boleh anda lewatkan.

Meskipun anda merupakan pendatang baru atau ke Bali hanya sekedar belibur, maka anda jangan khawatir, karena tempatnongkrongasik.com disini akan mengajak anda untuk menelusuri lebih dalam terkait dengan makanan khas Bali yang bisa anda nikmati. Ya, Bali menyimpan keindahan bkan hanya di destinasi wisatanya saja, melainkan menyimpan sejuta rasa di wisata kuliner yang ada di Bali.

“Wisata Kuliner Makanan Khas Bali yang Populer”

Jika anda mengatakan yang menarik di Bali adalah nuansa alamnya saja, maka anda salah. Hal ini dikarenakan banyak dari kuliner khas Bali menjadi momok makanan nusantara yang menjadi incaran para pecinta kuliner. Nah, untuk itu langsung saja berikut ini adalah beberapa makanan khas Bali yang bisa menjadi rekomendasi makanan untuk anda dan keluarga anda.

Nasi Campur Bali

Jajanan Khas Bali

Sajian makanan khas bali enak yang pertama adalah nasi campur Bali yang sangat terkenal. Dimana anda bakal dengan mudah bisa untuk mendapatkan makanan yang satu ini. Salah satu penjual masakan khas Bali ini adalah Nasi Campur Men Weti yang berada di pantai Sindhu Sanur. Dengan racikan yang khas serta resep masakan nasi campur Bali ini, anda bakal merasakan cita rasa yang sangat nikmat untuk ukuran nasi campur yang di jual di warung sederhana dengan pantai tersebut.

Dengan rasa yang sangat nikmat tersebut, anda harus rela mengantri jika anda ingin merasakan rasa makanan ini. Namun jika anda malas untuk mengantri, maka jangan khawatir, anda juga bisa datang ke Warung adik dari Men Wati, yang juga menyediakan nasi campur Bali. Untuk rasa pastinya tidak boleh diragukan lagi, karena mereka juga menggunakan resep turun temurun.

Nasi Campur Bali biasanya berisi beberapa macam seperti halnya dengan Ayam kampung betutu yang dagingnya sudah disuir. Kemudian, nasi campur akan ditambahkan beberapa pelengkap seperti urapan, sambal matah, sambal goreng, telor pindang, kulit ayam, beberapa seafood yang juga disertakan sate lilit yang sangat nikmat. Sebagai makanan yang cukup kompleks ini, nasi campur bali dibanderol dengan harga Rp. 25.000 per porsinya.

Nasi Jinggo Bali

Wisata Kuliner di Bali

Usai beranjak di menu makanan nasi campur, maka untuk makanan tradisional Bali selanjutnya adalah Nasi Jinggo Bali. Nah, untuk anda yang masih belum tau apa itu nasi jinggo, maka anda patut untuk mencoba dan menikmati makanan khas Bali yang sangat menggugah selera ini.

Nasi Jinggo Bali ini disajikan dengan berbagai campuran yang sangat nikmat, yakni serundeng yang merupakan bumbu masakan yang berasal dari hasil parutan kelapa. Tidak hanya itu, makanan khas Bali yang terkenal ini juga ditambahkan dengan ayam bumbu pedas, mie goreng, serta telur yang membuat cita rasanya menjadi semakin menarik.

Nah, jika anda sedang mencari makanan khas Bali halal, maka nasi jinggo ini bisa menjadi solusi untuk anda yang saat ini sedang berlibur ke pulau dewata ini.

Nasi Pedas Bali

Makanan Khas Bali Halal

Memang benar, wisata kuliner di Bali ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri untuk bidang cita rasa. Nah, untuk anda yang saat ini sedang berlibur ke pulau Bali, maka ada satu makanan khas Bali yang sangat populer yakni nasi pedas Bali. Perlu diketahui, nasi pedas Bali ini ternyata sangatlah nikmat. Dengan beberapa bumbu racikan yang berbeda dari nasi pedas biasanya, maka bisa diakui bahwa masakan khas Bali ini ternyata mampu bersaing di kanca kuliner Indonesia.

Baca Juga : Tempat Nongkrong di Bali

Memiliki cita rasa yang cukup lengkap inilah yang menjadi jawaban bagi beberapa masyarakat yang menyukai makanan pedas. Terlebih lagi makanan yang satu ini dibanderol dengan harga yang sangat murah dan sesuai kantong anak muda di Indonesia, yakni hanya di kisaran Rp. 12.000 saja. Nah, bagaimana? jika anda merupakan orang yang sangat suka dengan makanan pedas, maka nasi pedas Bali inilah jawabannya.

Lawar Kuwir Bali

Makanan Tradisional Bali

Pulau Bali memang bukan mayoritas beragama Islam, bahkan jika dikalkulasi banyak sekali masyarakat bergama Hindu. Namun, jika anda berlibur ke Bali, maka anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli makanan di Bali. Salah satu makanan khas Bali yang halal ini adalah Lawar Kuwir Bali.

Jika biasanya Lawar Kuwir ini dibuat dengan memakai daging babi, maka untuk Lawar Kuwir Bali ternyata di buat dengan daging bebek. Maka untuk anda yang beragama muslim, jangan terlalu khawatir, karena makanan khas Bali yang satu ini dijamin halal.

Lawar ini memiliki arti kacang atau beberapa makanan yang dibuat dengan menggunakan kacang, sedangkan untuk kuwir merupakan daging bebek. Berbeda dengan Lawar Bali biasa yang menggunakan daging babi. Nah, untuk anda yang baru pertama kali ke Bali, maka anda harus bisa membedakan Lawar Kuwir dan Lawar biasa yang menggunakan babi.

Rujak Bali

Makanan Khas Bali Yang Terkenal

Rujak, siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini. Ya, memang yang namanya rujak, bisa anda dapatkan di daerah mana saja. Namun tentunya terdapat beberapa perbedan baik dari segi isi dari rujak tersebut, bahkan dari segi bumbu dari rujak yang ada di beberapa daerah itu.

Untuk anda yang ingin mengetahui seperti apakah rujak bali ini? Nah, rujak bali ini biasanya menggunakan bumbu kuah pindang yang diracik secara khusus. Hal inilah yang menjadikan sebuah perbedaan rasa dari beberapa rujak yang biasanya anda makan. Sebagai jajanan khas Bali ini, rujak Bali dibanderol dengan harga yang cukup murah, yakni hanya Rp. 12.000 untuk per porsinya.

Ayam Betutu Bali

Makanan Khas Bali Ayam Betutu

Untuk kuliner khas Bali yang satu ini, mungkin anda sudah mengenal makanan tradisional Bali ini. Ya, namanya adalah Ayam Betutu Bali. Dimana masakan Bali yang satu ini menjadi primadona kuliner Bali yang sangat digemari oleh para wisatawan.

Biasanya para wisatawan ini selalu menjadikan makanan yang satu ini sebagai menu makan siang enak di Bali. Dengan menikmati satu porsi Ayam Betutu di siang hari ini, maka hal tersebut bisa menambah mood anda menjadi lebih baik lagi, sekaligus bisa menambah tenaga untuk bersenang senang saat liburan tersebut.

Baca Juga : Tempat Makan Makanan Khas Bali

Resep masakan khas Bali yang satu ini juga cukup mudah, karena hanya menggunakan bahan yang sangat mudah dicari seperti halnya dengan Ayam Kampung, Daun Serai, Daun Salam serta rempat rempah khusus yang bisa membuat anda lebih berselera untuk menyantap makanan khas Bali yang enak ini.

Tipat Blayag Bali

Masakan Khas Bali

Jika anda sudah mengetahui makanan khas Ayam Betutu Bali dan Nasi Campur Bali, maka untuk makanan yang satu ini juga bisa nada coba saat anda merasa lapar, yakni Tipat Blayag. Makanan yang bernama Tipat Blayag ini adalah sejatinya mirip sekali dengan makanan umum yakni kare. Namun terdapat perbedaan sedikit dari kuliner bali yang satu ini.

Blayag atau kupat atau lontong yang mungkin anda kenal, ini disajikan dengan bahan seperti kecamba, sambal, telor, serta suiran daging ayam yang disiram dengan kuah santan yang sangat lezat.

Untuk anda yang memang ingin menikmati sensai yang berbeda, maka wisata kuliner Bali yang kami rekomendasikan adalah Tipat Blayag Bali yang memiliki cita rasa khas dan sangatlah nikmat. Dari segi harganya juga murah yakni dipatok dengan harga Rp. 15.000 saja untuk per porsinya.

Bagaimana? dari 7 makanan khas Bali yang terkenal ini semoga bisa menjadi acuan dan referensi untuk anda dan keluarga anda yang memang saat ini sedang berkunjung atau berlibur ke pulau Bali.

Nah, untuk anda yang saat ini berada di daerah lain, maka anda bisa mengikuti situs tempatnongkrongasik.com yang merupakan situs yang menyajikan berbagai informasi terkait dengan tempat menarik dan asik untuk anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

7 Makanan Tradisional Khas Bali yang Terkenal | sabrina |